syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Yudisium XXVI, Luluskan 262 Mahasiswa

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Yudisium XXVI, Luluskan 262 Mahasiswa
Diposting : Senin, 05 Aug 2024, 18:17:21 | Dilihat : 177 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Yudisium XXVI, Luluskan 262 Mahasiswa


Jember (Fasya Media) – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Yudisium Strata Satu (S1) ke-26. Sebanyak 262 mahasiswa berasal dari empat program studi yaitu Hukum Kelurga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN) mengikuti rangkaian proses Yudisium sebagai penanda menjadi calon wisudawan. Peserta yudisium kali ini terbanyak dalam sejarah Yudisium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Rektor UIN KHAS Jember Prof Dr Hepni Zain menekankan pada lulusan Fakultas Syariah untuk terus menjaga integritas, rendah diri, dan terus mengasah kemampuan dimanapun berada.

“Saya kukuhkan Anda semua sebagai lulusan sarjana yang smart. Satu tanggung jawab besar dari predikat sarjana dengan mengemban amanah untuk berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. Kalau predikat sebelumnya adalah mahasiswa, kini telah menjadi scholar sekaligus pemimpin. Ciri seorang pemimpin itu adalah memberikan teladan”, ungkap Rektor UIN KHAS Jember saat membuka kegiatan Yudisium Fakultas Syariah, Senin (5/7/24) di Jember.

Rektor UIN KHAS Jember juga menambahkan bahwa kesuksesan juga sangat erat dengan kematangan. Dikatakan Prof Hepni, seorang sarjana telah memiliki kematangan berfikir. “Karena itu, kesuksesan bukan ditentukan seberapa banyak prestasi yang diraih, tapi seberapa banyak masalah yang bisa diselesaikan secara dewasa”, tambah Rektor UIN KHAS Jember

Sementara Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr Wildani Hefni menuturkan bahwa Yudisium bukanlah akhir, melainkan tanggal awal menuju pintu-pintu berikutnya. Dekan termuda di lingkungan PTKIN ini meminta lulusan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk memiliki lima kecakapan yang disingkat dalam akronim GMELT yaitu Growth, Mentality, Expertise, Loyality, dan Trust.

“Walaupun telah menyelesaikan program sarjana, Anda tetap harus berada dalam zona growth yaitu tumbuh dan berkembang. Tidak berhenti pada titik ini, bahkan keluar dari zona nyaman untuk terus mengasah kemampuan diri. Selain itu, lulusan Fakultas Syariah harus punya mentalitas yang kuat disertasi kepercayaan diri yang kokoh, bahwa lulusan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember juga memiliki keunggulan dan siap menghadapi kompetisi”, terang Dr. Wildani Hefni

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini juga meminta lulusannya agar memiliki kepakaran tertentu sebagai perwujudan dari keunggulan distingtif sarjana Syariah. “Selain itu, kami berharap para lulusan Fakultas Syariah memiliki loyalitas atau dedikasi yang tinggi. Ini bisa juga dimaknai dalam altar padu padannya antara kata dan perbuatan”, ungkap Wildani Hefni. Terakhir, Dekan Fakultas Syariah mendorong agar para lulusannya dapat membangun kepercayaan yang dijalankan secara konsisten dalam hubungan interaksi dengan semua pihak.

Hadir dalam kegiatan Yudisium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ke-25, wakil Dekan I Dr. Busriyanti, wakil Dekan II Dr. Martoyo, wakil Dekan III Dr. Ahmadiono, Sekjur, seluruh Koorprodi, Ketua Keluarga Alumni Fakultas Syariah (Kafsya), dan seluruh pengelola Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pada Yudisium Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ke-26, diberikan beberapa penghargaan bagi mahasiswa, yaitu:

1. Penghargaan Peraih IPK Terbaik

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Tingkat Fakultas

Halimatus Sakdiyah

NIM. 205102020010

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

IPK : 3,83

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Keluarga

Nadia Wulandhari

NIM. 205102010005

IPK : 3,82

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Tata Negara

Ratu Pricilia Putri Erwina

NIM. 201102030035

IPK : 3,82

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Pidana Islam

Liyana Nuriyah

NIM. 204102040047

IPK : 3,719

 

2. Penghargaan Penulis Skripsi Terbaik

Penulis Skripsi Terbaik tingkat Fakultas Syariah

Vina Musarrofah              

NIM. 204102020053

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

Judul Skripsi: Penerapan Hukum Kartel Dalam Ratio Decidendi Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 08/KPPU-L/2018

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Keluarga

Ayu Mutiara Mukti

NIM. 204102010003

Judul Skripsi: Pandangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali Mengenai Kriteria Baru Mabims Dalam Penentuan Awal Bulan Qomariyah

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Pidana Islam

Restu Singgih

NIM. 204102040001

Judul Skripsi: Kedudukan Amicus Curiae Sebagai Pertimbangan Hukum Hakim dalam Persidangan Richard Eliezer (Studi Kasus Putusan Nomor: 798/PID.B/2022/PN.JKT.SEL.)

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Tata Negara

Khuncoro Kadidan Permana

NIM. 204102030001

Judul skripsi: Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum 2024 Oleh Komisi Pemilihan Umum Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember)

 

3.Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non-Akademik

Nanda Amalia

NIM. 204102030016

Program Studi Hukum Tata Negara

Kategori Presenter International Conference

 

Silvia Faizzatur Rosida

NIM. 205102010015

Program Studi Hukum Keluarga

Kategori Prestasi Lomba Peradilan Semu

 

Choirul Anam

NIM. S20174031

Program Studi Hukum Pidana Islam

Kategori Prestasi Penggerak Kemahasiswaan

 

Faisol Abrori

NIM. S20191026

Program Studi Hukum Keluarga

Kategori Prestasi Lomba

 

Ahmad Farid Anam

NIM. S204102010095

Program Studi Hukum Keluarga

Kategori Prestasi Lomba Tahfidz

 

Abdurrohman Fikri

NIM. S20173078

Program Studi Hukum Tata Negara

Kategori Prestasi Pelopor Kepemudaan

 

Kontributor: Fasya Media

 

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;